Klasifikasi
Anak Berkemampuan/Berkebutuhan Khusus
2.
3.
1.
2.
A.
Anak Berkebutuhan Khusus Temporer
Anak berkebutuhan khusus yang bersifat sementara
(temporer) adalah anak yang mengalami hambatan belajar dan hambatan
perkembangan disebabkan oleh faktor-faktor eksternal. Misalnya anak yang yang
mengalami gangguan emosi karena trauma akibat diperkosa sehingga anak ini tidak
dapat belajar. Pengalaman traumatis seperti itu bersifat sementara tetapi
apabila anak ini tidak memperoleh intervensi yang tepat boleh jadi akan menjadi
permanen. Anak seperti ini memerlukan layanan pendidikan kebutuhan khusus,
yaitu pendidikan yang disesuikan dengan hambatan yang dialaminya tetapi anak
ini tidak perlu dilayani di sekolah khusus. Di sekolah biasa banyak anak-anak
yang mempunyai kebutuhan khusus yang bersifat temporer, dan mereka memerlukan
pendidikan yang disesuaikan yang disebut pendidikan kebutuhan khusus.Contoh
lain, anak baru masuk kelas I Sekolah Dasar yang mengalami kehidupan dua bahasa
antara pada saat di rumah dan di sekolah. Hal ini dapat menyebabkan munculnya
kesulitan dalam belajar membaca dalam bahasa Indonesia. Anak seperti ini dapat
dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus sementara (temporer). Oleh
karena itu ia memerlukan layanan pendidikan yang disesuikan. Apabila hambatan
belajar membaca seperti itu tidak mendapatkan intervensi yang tepat boleh jadi
anak ini akan........Read more
Komentar
Posting Komentar